Tugas Materi QA

 Tugas Materi 1 - QA Introduction

  1. Jelaskan lingkup pekerjaan Software Quality Assurance?

  2. Menurutmu, skills apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Quality Assurance?

  3. Apa perbedaan yang paling mendasar antara QA dan QC?


Jawaban :


1. Seorang Quality Assurance tidak hanya melakukan pengujian setelah produk atau software telah selesai dibuat. Melainkan QA juga turut berkontribusi dalam memastikan kualitas produk terdeliver dengan baik sejak awal perancangan produk hingga produk siap dipasarkan dan digunakan oleh end user. Jadi proses Quality Assurance mencakup semua proses pengembangan software dari awal hingga akhir

2. Skil yang dibutuhkan menjadi seorang QA;

  • Menganalisa Perusahan agar dapat menerapkan pola kerja, struktur organisasi, dll.
  • Memahami Produk dan Requitments bertujuan untuk memastikan kualitas produk dan semua requitments produk yang dikembangkan, alur dan tujuan bisnis, serta siapa user yang akan menggunakan produknya nanti, agar dapat menjamin kepuasan pelanggan (costumer )
  • Seorang QA harus mampu membuat rencana pengujian (test plan) yang rapi, detail dan terstruktur. Sehingga test plan tidak hanya bisa dipahami oleh dirinya sendiri, melainkan rekan QA yang lain, divisi lain, bahkan oleh end user.
  • Dalam melakukan pengujian, QA dituntut untuk melakukan hal diluar test plan, dikarenakan QA harus menganalisa kemungkinan kecacatan pada produk. QA juga harus terus berinovasi mengambangkan pengetahuan guna dapat mengimplementasikan tools atau metode yang terbaik untuk perusahaannya.
  • Komunikasi dan Kerja Tim, Tidak ada QA yang bekerja sendiri. Umumnya, QA akan bekerja bersama tim QA, developer, project manager, product owner, UI/UX designer, dan business development. Sehingga kemampuan berkomunikasi yang baik dan semangat bekerja dalam tim sangat dibutuhkan.
  • Basic Pemrograman, Basic Pemrograman juga diperlukan, selain melakukan pengujian di tampilan layar device (front end) tak jarang bahwa QA juga ditugaskan untuk melakukan pengujian di dalam database atau API (application program interface). Bahkan saat ini QA dituntut untuk bisa melakukan otomasi testing
3. Perbedaan mendasar antara QA dan QC

    QC berfokus pada pemeriksaan ( inspeksi ) untuk menemukan cacat dan memverifikasi kesalahan di hasil akhir produk, sementara QA lebih fokus ke rangkaian proses sistematis untuk memastikan suatu produk memenuhi persyaratan. Yang artinya QA berfokus ke proses pembuatan produk tersebut. Di sisi lain, QC lebih fokus ke menemukan dan membenarkan kesalahan di hasil akhir produk tersebut

Tugas Materi 2 - Software Development Life Cycle

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan SDLC

  2. Bagaimana cara menentukan metode pengembangan apa yang paling cocok untuk digunakan?

  3. Mengapa Scrum framework banyak digunakan sebagai metode pengembangan produk?


Jawaban :


1.  SDLC ( Software Development Life Cycle ) adalah Pengubahan dan pembuatan sistem serta model digunakan untuk mengembangkan sistem rekayasa perangkat lunak ( SRPL ).

2. Ada beberapa metode pengembangan yang digunakan oleh umum, diantaranya;

  1. Metode Pengembangan Perangkat Lunak Waterfall
    Metode waterfall adalah metode kerja tertua yang menekankan fase-fase yang berurutan dan sistematis. Disebut waterfall karena proses mengalir satu arah “ke bawah”. Metode waterfall ini harus dilakukan secara berurutan sesuai dengan tahap yang ada. Tetapi metode ini kurang fleksibel, karena apa yang ditentukan dari awal oleh pengembang dan pengguna di awal proyek harus benar-benar sempurna. Jika ternyata ada perubahan atau kesalahan selama berlangsungnya proses dan tahapan, maka segala sesuatu harus dimulai dari awal lagi.
  2. Metode Pengembangan Perangkat Lunak Agile
         Development Agile
    adalah memungkinkan tim untuk memberikan nilai lebih cepat, dengan kualitas dan prediksi yang lebih baik, dan bakat yang lebih besar untuk merespons perubahan. Jadi, Bisa disimpulkan jika Agile merupakan model development jangka pendek yang memerlukan adaptasi cepat dan pengembangan terhadap perubahan dalam bentuk apapun.

  3. Metode Pengembangan Perangkat Lunak Scrum      Metode Scrum adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengimplementasikan pengembangan Agile. Scrum lebih mengutamakan pada kekuatan kolaborasi tim dalam development software. Cara kerjanya adalah dengan memecah tujuan akhir menjadi beberapa tujuan kecil pada awal proyek dan mengerjakan terlebih dahulu tujuan-tujuan kecil tersebut. Cara yang digunakan untuk mengerjakan tujuan kecil adalah dengan melakukan pengulangan kerja secara berkala dalam membuat software. Kemudian sesering mungkin menampilkan hasilnya
3. Dengan menggunakan metode scrum ini, produk yang dihasilkan bisa lebih baik, lebih cepat, dan tentunya mengurangi risiko gagal. Sebab, setiap hasil produk selalu direview terlebih dulu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dokumentasi SATSET ( Satu Data Terpadu Stunting, Kemiskinan Ekstrim, ATM, DTKS dan RTLH )

FMIS Chrome Extension untuk Integrasi Data SIPD ke FMIS

Materi Quality Assurance ( QA )